Sabtu, 05 November 2011

Kenangan ku atas Salu Battang

penulis: mirdat (dath.palopo@gmail.com)

Sungai dan habitatnya di masa lalu

Ternyata hal indah yang kami alami waktu kecil di sungai masih jauh tertinggal pada era sebelum tahun 1980. Dahulu di tiga anak sungai ini kaya akan habitat dalam seperti Udang, Ikan dan Belut.

Ada banyak jenis udang yang biasa dijumpai dimasa itu antara lain Urang Batu, Bonkok Belopa, Bongkok Busasingki, Bongkok sapu-sapu, Bongkok Daun Kaju dan Kolo-kolo. Sedangkan Jenis Ikan yang masyarakat kenal ada dua yaitu Karambe, Bakuku dan Masapi (ikan belut ), kedua ikan ini berukuran cukup besar diusia dewasa. Karambe hampir mirip dengan ikan lele berwarna abu-abu dan paling senang di bagian sungai yang berarus deras dan menempel di batu-batu sambil menyantap lumut, sedang Ikan Karambe berbentuk seperti ikan Nila, berwarna abu-abu dan memiliki sirip seperti ikan Gurami. Baik ikam Bakuku maupun Karambe sama gurihnya tapi yang paling berlemak dari kedua ikan ini adalah ikan Karambe.

Cara Tradisional Menangkap Buruan di Sungai

Sangat sulit menangkap ikan maupun udang sehingga untuk memudahkan melihat buruannya ialah air sungai dialihkan kea rah lain sehingga air menjadi dangkal dan tenang, Uapaya ini masayakatt sebut “Ma’palempang” Namun tanpa menggunakan alat, menangkap ikan ataupun udang bukan menjadi perkara muda, jadi terkadang orang-orang memakai Sarampang ( tombak yang matanya lebih dari satu) dan Kopak ( perangkap ikan belut yang terbuat dari bambu yang dianyam).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar